Dieng Culture Festival dan Jazz Atas Awan 2017 | Dieng Culture Festival

Dieng Culture Festival kembali dan Jazz Atas Awan akan digelar pada tahun ini, tepatnya tanggal 4-6 Agustus 2017 di Kompleks Candi Arjuna, Dataran Tinggi Dieng. Festival ini diselenggarakan oleh Komunitas Pokdarwis Dieng Pandawa desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Perhelatan kebudayaan di Dataran Tinggi Dieng ini akan menampilkan beragam antraksi dan berbagai seni pertunjukan yang menarik. Selain Jazz Atas Awan sebagai pertunjukan yang ditunggu-tunggu banyak traveler & wisatawan, akan ada festival caping dimana ribuan orang menggunakan caping (sejenis topi yang digunakan pera petani) sambil menikmati beragam kuliner di Dataran Tinggi Dieng.

Atraksi lain yang biasanya diikuti oleh ribuan orang adalah penerbangan lampion. Sebelum acara penerbangan lampion dilakukan, penyelenggara akan menyuguhkan sendratari oleh anak-anak muda Dieng, dan dilanjutkan pertunjukan musik akustik yang romantis ditengah suhu yang dingin.

Selain menikmati pertunjukan dan atraksi dalam Festival Dieng, para wisatawan dapat mengeksplorasi keindahan alam di Dataran Tinggi Dieng seperti sunrise, fenomena alam saat kawasan candi arjuna berselimut kabut di pagi hari, keindahan telaga warga, dan Kawah Sikidang, serta berbagai lokasi wisata alam lain yang tersebar di Dataran Tinggi Dieng.

Sebagai penutup festival, penyelenggara menyuguhkan acara ritual cukur rambut anak gembel. Sebuah fenomena langka yang hanya ada di Dataran Tinggi Dieng. Dimana anak dengan rambut gembel (menggimbal), dipercayai sebagai titisan lelulur Dieng dan hanya bisa dicukur rambutnya melalui ritual khusus dengan segala permintaan anak yang harus dipenuhi.

0