Select Page

Festival Budaya Dieng (Dieng Culture Festival) disingkat DCF adalah kegiatan kebudayaan yang digagas oleh Komunitas Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah.

Event kebudayaan ini digagas sebagai kegiatan untuk pelestarian kebudayaan dan tradisi, sekaligus sebagai promosi potensi wisata alam dan kebudayaan di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah. Dieng secara geografis berada dalam wilayah Kabupaten Banjarnegara dan sebagian di wilayah Kabupaten Wonosobo.

Acara utama dalam Dieng Culture Festival adalah ritual cukur rambut anak gembel, dimana dalam tradisi masyarakat di Dataran Tinggi Dieng, anak gembel, jika hendak dicukur rambutnya harus melalui prosesi ruwatan yang sakral. Tradisi tersebut masih bertahan bertahan hingga saat ini.

Kegiatan Dieng Culture Festival ini diselenggarakan oleh komunitas (warga) Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara yang juga melibatkan warga Dieng, Kejajar, Wonosobo dan didukung oleh berbagai relawan yang membantu penyelenggaraan Dieng Culture Festival.

Dieng Culture Festival (DCF) diselenggarakan dengan semangat gotong-royong dan partisipasi banyak pihak, dimana kegiatan ini tidak secara khusus bertujuan untuk kepentingan komersial, namun juga pemberdayaan masyarakat setempat agar event nasional ini berdampak terhadap masyarakat sekitar (multilevel efect). Pembiayaan utama dari pagelaran kebudayaan ini adalah partisipasi pengunjung yang membayar paket tiket DCF. Selain support dari berbagai sponsor yang mendukung acara DCF.

Kedepan, kegiatan kebudayaan ini akan terus diselenggarakan dengan agenda utama ruwatan anak bermabut gembel, serta berbagai acara pendukung yang akan dikreasikan agar lebih menarik.

0