Curug Sikarim Surga Yang Tersembunyi

Puas menyusuri Bukit Sikunir, ada baiknya anda mampir ke curug Sikarim. Curug sendiri memiliki arti air terjun.

Jika anda menyukai wisata alam dipadu dengan suara alam yang eksotis, curug sikarim ini wajib dikunjungi. Obyek wisata eksotis ini terletak di antara Gunung Bisma dan Bukit Sikunir.

Medan Cukup Ektrim

Kondisi Menuju Curug Sikarim
Youtube: Dieng News

Anda juga harus mempertimbangkan hal ini jika berkunjung ke Curug Sikarim, karena perjalanan yang ditempuh cukup ekstrim.

Kondisi jalannya cukup berliku, bergelombang naik-turun, serta ada jalan yang berlubang menjadi tantangan tersendiri jika anda berkunjung ke curug ini.

Namun jangan khawatir, sepanjang perjalanan anda akan dihibur dan ditemani oleh keindahan alam Wonosobo yang memukau.

Ladang milik warga sekitar yang subur akan menampilkan daun-daun yang hijau yang menambah keindahan atau eksotiknya pemandangan alam Wonosobo. Dari kejauhan juga terlihat bukit-bukit yang hijau dengan udara yang masih sangat sejuk.

Semakin anda dekat ke air terjun akan semakin terdengar suara air yang jatuh dari ketinggian seolah menjadi nyanyian simfoni alam ciptaan yang Maha Kuasa.

Aliran air yang deras yang jatuh menghantam batu-batu dan genangan di bawahnya menjadi layaknya orkestra alam. Luangkan waktu sejenak untuk duduk di sekitar air terjun sambil menikmati udara sejuk yang menyelimuti daerah ini sembari menenangkan pikiran yang penat karena pekerjaan sehari-hari

Jika anda membawa baju ganti, ada baiknya ada mencoba merasakan dinginnya air pegunungan dengan menikmati derasnya air terjun (curug) ini.

Meskipun terletak di pelosok karena lokasinya yang dekat dengan Gunung Bisma dan Bukit Sikunir, wisata Curug Sikarim ini terbilang memiliki fasilitas yang masih cukup memadai.

Terdapat fasilitas toilet yang bisa Anda gunakan untuk buang air atau sekedar mencuci tangan. Penjual makanan dan minuman juga ada, namun yang dijual terbatas mengingat mungkin lokasinya yang agak sulit dijangkau.

Harga Tiket

Untuk bisa memasuki obyek wisata yang eksotis ini Anda akan dikenai tarif biaya masuk sebesar Rp 5.000,- per orang. Untuk parkir, Anda cukup membayar Rp 3.000,- hingga Rp 5.000,- tergantung kendaraan apa yang Anda gunakan.

Tentu saja harga ini tidak mengikat dan bisa naik sewaktu-waktu. Apalagi jika Anda datang pada musim liburan dengan pengunjung Curug Sikarim bisa melonjak hingga 2-3 kali lipat dari biasanya biasanya tarifnya akan ada perbedaan atau kenaikan

Untuk rutenya, Anda bisa memilih rute terdekat dari kawasan Dataran Tinggi Dieng. Hanya butuh butuh waktu sekitar 15 menit dari pos ojek wisata Dieng menuju Desa Sembungan.

Meski tidak ada petunjuk arah ke wisata curug ini, Anda tidak perlu khawatir nyasar, karena hanya rutenya sendiri hanya satu arah dengan jalanan yang cukup menanjak. Dari jauh juga terlihat kok, sehingga kemungkinan nyasar semakin kecil.

Namun tenang saja, anda bisa menanyakan penduduk sekitar jika memang tidak yakin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *