Sejarah Dieng Culture Festival

Selayang Pandang

Potong Rambut Gembel
sumber gambar: Kompas

Selain menyajikan keindahan alam, biasanya Dieng setiap bulan Agustus juga menyajikan acara yang sering disebut Dieng Culture Festival (DCF).

Di bulan Agustus dimana dieng sedang dingin-dinginnya, anda akan diajak menikmati konser jazz dari artis-artis ibukota pada acara puncaknya.

Sejarah DCF

Sebenarnya kegiatan Dieng Culture Festival (DCF) ini sudah dimulai sejak tahun 2010 dengan kolaborasi antara  Equator Sinergi Indonesia, Dieng Ecotourism dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dieng Pandawa.

Mulanya sebelum adanya event DCF ini, rutin diselanggarakan Pekan Budaya Dieng. Setelah berjalan beberapa tahun, terbentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) mereka mengubah Pekan Budaya Dieng menjadi Dieng Culture Festival.

Acara di DCF

Cukur Rambut Gembel
sumber gambar: Kompas

 

DCF sendiri diadakan selama 3 hari dengan beberapa acaranya yang cukup terkenal diantaranya: Ruwatan Potong Rambut Gimbal, Festival Lampion, dan Festival Jazz Di Atas Awan.

Karena acaranya yang selalu dirindukan, maka anda biasanya harus booking tiket dan penginapan paling tidak satu tahun sebelumnya.

Mengapa harus satu tahun sebelumnya? Pertama harga tiketnya biasanya akan naik berlipat-lipat. Kedua kamu akan kesulitan mendapatkan penginapan yang dekat dengan acara tersebut.

Mengapa harus cari penginapan yang dekat dengan acara? Karena jika anda mendadak melakukan perjalanan ke Dieng mendekati hari H acara dipastikan akan terjebak kemacetan.

Selain acara yang sudah menjadi agenda rutin tahunan biasanya ada agenda tambahan seperti Jalan Sehat dan Minum Purwaceng, Pertunjukan seni tradisi, Pemutaran nominator festival film dieng, Pagelaran wayang kulit.

Menikmati Jazz di Atas Awan

Suasana Jazz Di Atas Awan
instagram: @festivaldieng

Sebagai salah satu acara yang juga dinantikan Jazz di atas awan ini diadakan pada malam hari dengan suhu dibawah 2 derajat. Ada baiknya anda mengenakan jaket dan celana Panjang berlapis, syal, kaos tangan, dan penutup kepala.

Karena konsep acara outdoor atau lapangan dan kadang berdesakan saat keluar setelah acara selesai dilaksanakan, ada baiknya anda berhati-hati saat menjaga barang berharga.

Perhatikan dompet dan ponsel genggam anda agar tidak terjatuh dan hilang karena hampir setiap tahun kejadian kehilangan barang berharga  pasti selalu ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *